Mengetahui tentang Voltmeter

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Tuesday 24 May 2016 | 14:33:00

Pada jaman yang secanggih ini kita sudah banyak sekali mengeneal tentang peralatan Elektronika dan Komputer, bukan hanya Software namu Hardware juga kita sudah mengetahui banyak hal, kali ini ssaya akan membahas tentang alat ukur elektronika/listrik yaitu Voltmeter.



Nah kali ini kita akan membahas seluk beluk tentang si mawar ini, ehhh maaf maksudnya voltmeter hehehehe, silahkan anda baca dengan baik baik yah:


Dengan  perkembangan teknologi semakin banyak hal baru yang ditemukan yang akan mempermudah manusia untuk melakukan suatu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari,  munculnya suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur besaran-besar.
 Berkembanya penemuan awal alat untuk pengukuran , maka muncul alat-alat ukur lain seperti penggaris, timbangan, neraca, stopwatch, amperemeter, voltmeter, multitester dan masih banyak yang lainnya sehingga semakin mudah saja untuk menentukan suatu besaran.  Voltmeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur potenial perbedaan antara dua titik dalam rangkaian listrik. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan voltmeter. Setelah seseorang bisa menggunaakan alat voltmeter, dituntut untuk bisa mengetahui bagaimana cara membaca dan menetukan hasil pengukuran dengan meggunakan voltmeter. Oleh karena itu, cara penggunaan akan dipelajari dalam makalah ini.

Pengertian voltmeter

Voltmeter adalah alat pengukur beda potensial (tegangan) antara dua titik. Voltameter juga digunakan untuk mengukur besarnya potensial listrik, mengukur tingkat tegangan yang ada dalam batterei, dan mengukur turunan tegangan dalam sirkuit. Untuk mengukur beda potensial antara dua titik pada suatu komponen, kedua terminal voltmeter harus dihubungkan dengan kedua buah titik yang tegangannya akan diukur sehingga terhubung secara parallel dengan komponen tersebut.Voltmeter dapat dibuat dari sebuah galvanometer dan sebuah hambatan eksternal Rx yang dipasang seri. Adapun tujuan pemasangan hambatan Rx ini tidak lain adalah untuk meningkatkan batas ukur galvanometer, sehingga dapat digunakan untuk mengukur tegangan yang lebih besar dari nilai standarnya.

Jenis -jenis voltmeter

Terdapat dua jenis voltmeter, yaitu:
1.Voltmeter analog                            


2. Voltmeter digital


Perbedaan voltmeter analog dan voltmeter digital


                      
Kedua jenis voltmeter tersebut mempunyai fungsi yang sama, yang membedakan adalah tampilannya, jika voltmeter analog menggunakan jarum penunjuk sedangkan voltmeter digital menggunakan LCD (Liquid Crystal Display).Voltmeter merupakan galvanometer yang dirangkai seri dengan resistor yang mempunyai hambatan (R) yang tinggi.Voltmeter yang sering digunakan di laboratorium sekolah. Kemampuan pengukurannya terbatas sesuai dengan nilai maksimum yang tertera dalam alat ukur itu. Ada yang maksimumnya 5 V, 10 V dan 20 V 

Bagian-bagian voltmeter

Voltmeter terdiri atas beberapa bgian yaitu:
1.      Terminal positif (+) dan negatif (-)
2.      Skala tinggi dan rendah
3.      Batas ukur
4.      Jarum penunjuk
5.      Setup pengatur fungsi (pengenolan)

Prinsip kerja voltmeter

Voltmeter biasanya disusun secara paralel (sejajar) dengan sumber tegangan atau peralataan listrik. Cara memasang voltmeter adalah dengan menghubungkan ujung sumber tegangan yang memiliki potensial lebih tinggi (kutub positif) harus dihubungkan ke terminal positif voltmeter,dan ujung sumber tegangan yang memiliki potensial lebih rendah (kutub negatif) harus dihubungkan ke terminal negatif voltmeter.

Prinsip kerja voltmeter hampir sama dengan ampermeter karena desainnya juga terdiri dari galvanometer dan hambatan seri atau multiplier. Galvanometer menggunakan prinsip hukum lorenzt dimana interaksi antara medan magnet dan kuat arus akan menimbulkan gaya magnetic. Gaya magnetik inilah yang menggerakkan jarum penunjuk sehingga menyimpang pada saat dilewati oleh arus yang melewati kumparan. Makin besar kuat arus makin besar pula penyimpangannya.Tegangan selalu berada antara dua titik. Dengan kata lain, yang diukur adalah perbedan tegangan antara sebuah titik dengan titik lain. Oleh kerena itu, voltmeter cukup dihubungkan memotong aliran tegangan yang hendak diukur, seperti terlihat pada gambar dibawah. Sebenarnya tahanan voltmeter harus tidak menentu supaya tidak mengganggu sirkit, yaitu voltmeter seharusnya menerima arus sebesar 0 dari sirkit.

Sakelar lima posisi hanya membuat sambungan dengan sebuah resistor pada setiap saat . Pada posisi bawah (penuh kekanan) , ini membuat sambungan tanpa resistor seluruhnya, memenuhi sebuah keadaan mati "off". setiap ukuran resistornya merupakan jangkah ukur penuh mandiri untuk sebuah voltmeter, semua berdasar pergerakan meter mandiri (1 mA, 500 Ω). Sebuah hasil akhir adalah volt meter dengan empat jangkah skala penuh pengukuran yang berbeda . tentu, untuk pantasnya, skala meter pergerakan harus dilengkapi penandaan untuk setiap jangkah ukur yang berbeda.
Di dalam voltmeter terdapat kumparan dan pegas. Alat ukur kumparan putar ialah alat pengukur yang berkerja atas dasar prinsip dari adanya suatu kumparan listrik, yang ditempatkan pada medan magnet, yang berasal dari suatu magnet permanen. Arus yang di alirkan melalui kumparan akan menyebabkan kumparan tersebut berputar. Alat ukur kumparan putar adalah alat ukur penting yang dipakai untuk bermacam arus.

Fungsi Voltmeter

Fungsi voltmeter adalah untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian  listrik. Alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah bakelite yang dirangkai dalam sebuah tabung kacca atau plastik.

Pada alat ukur Voltmeter ini biasanya ditemukan tulisan voltmeter (V) , milivoltmeter (mV), mikrovoltmeter , dan kilo volt (kV). Voltmeter memiliki batas ukur terntentu, yakni nilai tegangan makasimum yang dapat diukur oleh voltmeter tersebut. Jika tegangan yang diukur oleh voltmeter melebihi batas ukurnya , voltmeter akan rusak
Voltmeter ini merupakan gabungan dari fungsi alat ukur amperemeter untuk  mengukur ampere (kuat arus listrik), sedangkan voltmeter untuk mengukur volt (besar tegangan listrik).

Itulah yang saya ketahui tentang Voltmeter, kurang lebihnya maafinyah para bocah cerdas ,saya rasa saya kalian harus meninggalkan beberapa komentar anda, dibully juga gak papa kok hehehe biar lebih greget gitu..


Blog, Updated at: 14:33:00

2 komentar:

  1. saya baru tau ada volt meter yang digital.. malah lebih praktis yang digital ya bro

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.