Pengertian PHP (Personal Home Page)

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Thursday 12 May 2016 | 11:55:00



Sahabat Bocah cerdas kali ini kita akan membahas tentang php, bukan pemberi harapan palsu tapi Personal Home Page atau yang di kenal sebagai PHP. PHP ini adalah bahasa program yang mendukung kinerja Browser supaya lebih mudah mebuat website, PHP sudah banyak melahirkan website terkenal seperti Facebook, Yahoo dan lain lain. Kali ini saya sebagai penulis akan menceritakan pengertian tentang PHP, saya juga akan membahas sedikit keunggulan tentang PHP  dan bentuk penulisannya. Yuk kita simak:



Apa PHP itu?

Php pertama kali di buat oleh seorang software developer Rasmus lerdrof. Ide awal PHP adalah ketika itu Rasmus ingin mengetahui jumlah pengunjung pembaca resume onlinenya. Script yang dikembangkan baru dapat melakukan dua pekerjaan, yakni merekam visitor dan menampilkan jumlah pengunjung dari suatu website, dan sampai sekarang kedua script tersebut masih populer digunakan web saat ini. Kemudian, dari situ di milis mendiskusikan script buatan Rasmus Lerdrof, dan akhirnya Rasmus memuat suatu tool/script, yang ia namai Personal Home Page (PHP).



Kebutuhan PHP dignakan sebagai tool serba guna membuat lerdrof untuk mengembangkan PHP hingga menjadi bahasa tersendiri yang mungkin dapat mengkonversikan input data yang di inputkan dari Form HTML menjadi suatu varible, yang dapat dimanfaatkan oelh sistem lainnya. Untuk merealisasikannya, akhirnya lerdrof mengembangkan PHP dengan menggunakan bahasa C ketimbang menggunakan Perl. Pada tahun 1997,Php versi 2.0 di rilis, dengan nama Personal Home Page Form Interpreter (PHP-FI). PHP semakin populer, dan semakin di minati programmer web di dunia.


 Rasmus Lerdrof benar-benar menjadikan PHP sangat populer, dan banyak sekali Team Developer yang ikut bergabung dengan Lerdrof untuk memngembangkan PHP hingga menjadi seperti sekarang, Dan akhirnya versi ketiga dari PHP dirilis pada juni 1998, dan tercatat lebih dari 50.000 programmer web menggunakan PHP untuk memuat website dinamis.


Perkembangan demi perkembangan terus berlanjut, ratusan fungsi ditambahkan sebagai fitur dari Bahasa PHP, di awal tahun 1999, netcraft mencatat ditemukank 1.000.000 situs yang menggunakan bahasa PHP. ini membuktikan bahwa PHP adalah bahasa populer yang digunakan oleh web development. Hal ini mengagetkan developernya termasuk Rasmus sendiri, dan tentunya tidak pernah di duga dari pembuatnya sendiri. kemudian zeev suraski dan andy gutman selaku core developer (programmer inti) mencoba untuk menulis ulang PHP parser, dan di integrasikan menggunakan zend scripting engine, dan mengubah jalan alur operasi PHP. Dan semua fitur terbaru dirilis di PHP versi 4.


13 juli 2004, evolusi PHP telah banyak sekali perbaikan di segala sisi, dan wajar jika netcraft mengumumkan PHP sebagai bahasa we paling populer di dunia, karena tercatat 19 juta domain telah menggunakan PHP server side scriptnya. PHP saat ini mendukunh XML , Web service dan SQLite. Yang menjadikan PHP berbeda dengan HTML adalah prose dari PHP itu sendiri .HTML merupakan bahasa statis yang apabila kita ingin mengubah konten/isinya maka kiita harus membuka file-nya terleih dahulu, kemudian menambahkan isi kedalam file tersebut.


Beda halnya dengan PHP itu sendiri , Bagi anda yang pernah menggunakan CMS seperti joomla dan wordpress yang dibangu dengan PHP tentunya, ketika akan menambahkan konten kedalam website, anda tinggal masuk kehalaman admin, kemudian pilih new article untuk membuat halaman atau konten baru. Artinya hal ini, seorang user tidak berhubungan langsung dengan scriptnya. Sehingga seseorang pemula sekalipun dapat menggunakan aplikai seperti itu.



Keunggulan PHP


  1. Gratis, Yang membuat PHP itu sangat di minati oleh programmer web adalah ini, PHP bersifat gratis .
  2. Cross platform, Dapat digunakan di berbagai oprasi system seperti Linux, windows, Mac OS dan OS lainnya.
  3. Mendukung banyak Database, PHP telah banyak menggunakan database, makanya PHP banyak diigemari oleh programmer web, contoh data base yang sering digunakan proggrammer seperti MySQL,ODBC,Unix Dbm,Oracle,IBM DB2, Dan lain lain.
  4. ON the Fly, PHP sudah mendukung on the fly yang artinya dengan PHP anda dapat membuat document text, word, Excel, PDF, menciptakan IMAGE dan Flash, juga menciptakan file0file sepeerti Zip,XML,dan banyak lagi.

Standar Penulisan PHP:


Struktur penulisan PHP bentuknya seperti ini:




<





Untuk mengetikkan baris code PHP, maka anda perlu mengapitnya dengan dengan tag <?php dan diakhiri dengan tag ?> karena diluar dari pada itu PHP engine tidak menganggapnya script PHP, melainkan hanyalah HTML biasa. sebagai contoh kita akan menampilkan kaliimay "Halo pengunjung BLOBOCER", caranya cukup mudah, uka notepad anda dan ikuti ini;









Cara penulisan code PHP yang baik:

Sekarang kita akan melihat penulisan code PHP dengan penulisan yang buruk:




























Kalo penulisan yang kalian seperti ini, sulit untuk di baca oleh seorang programmer ,bahkan yang mastah sekali pun akan kesulitan untuk membacanya , karena mereka akan sulit membedakan fungsi fungsi dari baris kodenya.
Sekarang kita lihat bentuk penulisan yang benar;



























Seperti itulah bentuk penulisan yang benar dalam PHP, kalo seperti inii para programmer yang membacanya akan mudah untuk mengerti apalagi kita yang menulisnya.

Sampai sini dulu Penjelasan saya tentang PHP, untuk para bocah cerdas yang membacanya saya harapkan bisa untuk meninggalkan kritik dan sarannya , mau di bully juga gak apa apa kok,biar lebih greget.
Blog, Updated at: 11:55:00

0 komentar:

Post a Comment

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.