Mengenali Firewall (Tembok api)

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Saturday 18 June 2016 | 09:23:00



Hai bocer, kali ini saya mau membahas tentang salah satu pengamanan jaringan yaitu firewall. jika masih ada yang belum tahu apa itu firewall, sekarang saya jelaskan:



Apa itu FireWall ?


Firewall itu adalah sebuah tool atau perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Untuk saat ini, pengertian firewall di pahami sebagai sebuah istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antara dua jaringan  yang berlainan.

Tujuan firewall adalah untuk melindungi, baik dengan cara menyaring, membatasi dan bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya.  Segmen tersebut dapat merupakan Workstation, server, router, atau local area network (LAN) kamu.


Karakteristik Firewall ?


ini adalah karakteristik firewall:

  • Seluruh hubungan/kegiatan dari dalam ke luar, harus melewati firewall. hal ini dapat dilakukan dengan cara memblok atau membatasi baik secara fisik semua akses terhadap jaringan lokal, kecuali melewati firewall.
  • Hanya yang dikenal atau yang terdaftar dapat melewati/melakukan hubungan, hal ini dapat dilakukan dengan melewati policy pada konfigurasi keamanan lokal. Banyak sekali jenis firewall yang dapat sekaligus berbagai jenis policy yang di tawarkan.
  • Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif kuat terhadap serangan/kelemahan. hal ini berarti penggunaan sistem yang dapat di percaya dan dengan sistem yang relatif aman.


Jenis - Jenis Firewall ?


Inilah beberapa jenis firewall yang ane tau gan :

  • Software Firewall : adalah program yang berjalan pada background komputer. software ini mengevaluasi setiap request dari jaringan dan menentukan apakah request itu valid atau tidak.
      Kelebihan yang dimiliki software firewall:
  1. Harganya murah , dan banyak juga yang gratis bro
  2. Mudah dikonfigurasi
      Kelemahan yang terdapat di software firewall:
  1. Memakan sumber daya dari PC seperti (CPU, memory , ruang disk) sehingga dapat menyebabkan inkompatibilitas pada sistem operasi
  2. Terdapat versi yang berbeda untuk sistem opeasi yang berbeda, jadi harus dipastikan bahwa software firewall yang diinstall adalah versi yang sesuai dengan sistem operasi anda.
  3. Di butuhkan beberapa salinan yang berbeda untuk tiap sistem dalam jaringan anda.


  • Hardware Firewall : adalah bagian penting dari set-up sistem jaringan komputer anda,terutama untuk koneksi broadband. Hardware firewall sangat efektif dengan konfigurasi sediikit atau tidak ada, dan mereka dapat melindungi jaringan lokal.

      Kelebihan Hardware Firewall :

  1. Menyediakan perlindungan yang lebih banyak di bandingkan software firewall, Sebuah hardware firewall dapat melindungi keseluruhan jaringan.
  2. Hardware firewall beroperasi secara independen terhadap sistem operasi dan aplikasi perangkat lunak sehingga kinerja sistem tidak akan terganggu.
      Kekurangan Hardware Firewall :

  1.  Masalah harga adalah kekurangan terbesar untuk Hardware firewall.
  2. Karena tidak berjalan independen kojnfigurasi hardware firewall cukuplah sulit.


Metode yang digunakan untuk penyaringan ada beberapa metode pemfilteran yang dapat dilakukan oleh sebuah firewall, antara lain sebagai berikut:

  • Circuit level Gateway 
  • Application level Gateway
  • Packet filtering firewall
  • stateful multilayer inspection firewall.


Nah bagaimana sekarang sudah tau kan tentang firewall, ayo titip cendra mata kalian di komentar.
 kalo begitu sekian dulu pembahasan ane tentang Firewall..

  
Blog, Updated at: 09:23:00

3 komentar:

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.