Asal Usul Robot Dan 3 Tipe Robot Pada Umumnya

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Friday 26 August 2016 | 12:51:00

Dalam Dunia modern ini kita sering sekali melihat robot, bahkan banyak ilmuwan yang mengatakan di masa modern robot lebih banyak dipekerjakan di banding manusia tetapi banyak juga yang menolak anggapan itu.



  Robot ialah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik dalam pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah di defnisikan terlebih dahulu atau yang biasa dikenal dengan kecerdasan buatan.

  Penemu robot pertama kali ialah seorang ilmuwan muslim yang bernama Al-Jazari, selain menciptakan robot mekanik pertama dia juga menulis buku yang berjudul "The Book Of Knowledge Of Ingenious Mechanical Devices". Di dalam buku itu ia memperkenalkan 100 alat tentang teknologi mekanik dan tata cara merakitnya.


foto Al-jazari

 Karya robot Al-jazari yang sangat di kenal ialah "A Musical Toy" robot musik mainan ini menggunakan sistem hidrolik sebagai penggeraknya. Selain itu masih banyak karya dari Al-jazari yang membuat awal dari dunia modern ini.

 A Musical Toy

Dari buku yang ditulis oleh Al-jazari inilah awal terciptanya robot atau teknologi mekanik ini, Sehingga orang - orang barat terus mengkaji tentang teknologi mekanik ini.

Kata robot berasal dari bahasa cheko "Robota" yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Dalam dunia ini ada banyak tipe robot, namun hanya ada tiga yang pada umumnya. Tipe - tipe yang lainnya ialah pengembangan dari ke tiga tipe ini, tiga tipe ini antara lain ialah:

3. Robot Manipulator / Industri

 





Pernahkah kalian menonton film Ironman, jika kalian pernah menontonnya berarti kalian pernah melihat satu robot yang membantu Tony stark dalam pembuatan kostum robot Ironman. Robot yang membantu Tony stark ini bertipe robot Manipulator ialah robot yang berguna melakukan hal - hal yang sangat sulit dilakukan oleh manusia robot ini terkendali secara otomatis, reprogrammable, manipulator serbaguna terprogram dalam sumbu tiga atau bahkan lebih.
Robot ini biasanya ditemukan di pabrik - pabrik mesin, mobil, dan lain - lain 

2. Robot Animalia

 

  





Pada gambar jelas terlihat suatu robot yang menyerupai laba - laba, robot ini bertipe animalia ialah robot yang secara fisik hampir atau sudah menyerupai suatu hewan. Robot tipe ini sangat banyak digunakan Mahasiswa indonesia dalam berkompetisi tingkat nasional, robot ini juga banyak dikembangkan oleh para pembuat robot atau ilmuwan ke elektroan dengan fungsi yang berbeda - beda.





1. Robot Humanoid 


  

Robot humanoid ialah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat oleh manusia, robot humanod digunakan sebagai riset dari beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku dan tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempeljari robot humanoid.


Itulah beberapa ulasan tentang artikel kali ini, sebenarnya masih banyak tipe robot contohnya seperti robot mobile, flying robot, robot jaringan, robot cyborg dan lain - lain.

Sekian dulu yah gan, nanti kita ketemu di artikel selanjutnnya.

GooDLucK!
Blog, Updated at: 12:51:00

14 komentar:

  1. makasih gan atas infonya dan sangat bermanfaat infonya

    ReplyDelete
  2. thanks gan infonya, agan bisa buat robot ? klo iya bantu share artikelnya dong hehehe

    ReplyDelete
  3. keren ya sebenarnya ilmuwan muslim

    ReplyDelete
  4. Ternyata pencipta robot pertama kali orang muslim ya gan..?

    ReplyDelete
  5. terimaksih gan share nya ,, jadi tau

    ReplyDelete
  6. Nama lengkapnya Ibnu Ismail al-Jazari Beliau lahir di diyar bakhir, Turki, hidup pada masa kekhilafahan Turki Utsmani kalau tidak salah tahun 1136.

    ReplyDelete
  7. Wah robot ada macam macam nya yah ternyata

    ReplyDelete
  8. waaaw orang muslim ya pencipta robot pertama. robot sekarang mempunyai daya tarik tersendiri untuk membantu kegiatan manusia.

    ReplyDelete
  9. wah jadi gini asal usulnya gan

    ReplyDelete
  10. thanks infonya gan, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  11. wah, bisa mengurangi lapangan kerja juga nih kalau robot menggantikan manusia. Kasihan juga buat yang dipecat buat diganti robot :3

    ReplyDelete
  12. klw robot sex termasuk robot apa gan? hehehe

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.