5 Fakta Linux Yang Akan Membuatmu Menghapus Windows Dari Komputermu

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Thursday 1 September 2016 | 13:42:00

Diantara pembaca mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang Linux, Bisa dibilang 80% komputer yang ada didunia ini menggunakan operasi sistem ini. Bahkan Linux menjadi basis dari Android,dimana Android sudah menjadi operasi sistem dominan untuk handphone 100% gratis dan open source.


Linux ialah sebuah nama kepada sebuah sistem operasi komputer bertipe UNIX. Linux adalah salah satu contoh hasil pengembangan Perangkat lunak bebas dan open source utama. Seperti perangkat lunak bebas dan open source lainnya pada umumnya,kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.


Nama Linux diambil dari nama pembuatnya, diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. 25 tahun lalu seorang mahasiswa asal Finlandia membagikan kabar proyeknya melalui email list, yang bernama Linus Benedict Trovald.  Linus mengaku hanya sekedar hobi dan tidak akan sebesar dan seprofesional GNU. Linus tidak mengetahui bahwa sistem operasinya akan merubah software selamanya.

Linux telah lama dikenal sebagai penggunaannya di server,dan didukung oleh beberapa perusahaan komputer raksasa seperti Intell,Dell,Hewlett-Packard,IBM,Novell,Oracle Corporation,Red Hat, dan Sun Microsystem.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux Distribution) atau Distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, Bahasa Pemrograman, Basis data,Tampilan Desktop (Desktop Environtment) Seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti Openoffice.org,AbiWord,Gnumeric,dan Libre Office.

Saya sendiri pun menggunakan distro Linux yang sangat populer saat ini yaitu Ubuntu yang berbasis Debian.


Ada 5 Fakta yang pembaca harus tahu tentang linux,yaitu:


  •   Terdapat 115 juta baris kode dalam proyek bersama Linux Foundation. Dibandingkan dengan Windows Xp yang hanya terdapat 45 juta baris kode.
  •  97% dari super komputer di dunia berjalan dengan Linux, termasuk cluster yang digunakan oleh NASA.
  •  SpaceX menggunakan program toleransi kessalahan yang didesain spesial oleh Linux pada setiap mesin roket Merlinnya. Karena Linux telah membantu 32 misi luar angkasa secara sempurna.
  •  Dronecode adalah Linux untuk Drone. Sekitar seribu perusahaan yang membangun jasa drone berjalan menggunakan operasi sistem Dronecode ini.
  •  Toyota dan Jaguar berencana untuk menjalankan mobil mereka di masa depan dengan menggunakan Automotive-grade Linux 


Satu lagi fakta bonus ialah: Sekalipun Microsoft Windows merupakan kompetitor terbesar dari sistem operasi Linux, tetapi Ubuntu Bash sudah terintegrasi dengan Windows 10.


Banyak sekali Distro Linux yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan komputer Windows anda. Jadi kapan lagi anda akan mencoba Linux, Dan Juga Linux ini baru-baru telah berulang tahun di akhir bulan agustus lalu. Dan mudah mudahan Linux bisa terus menjadikan dunia tempat yang jarang terdapat bug.

Sekian Untuk Artikel kali ini.

GooDLucK 
Blog, Updated at: 13:42:00

7 komentar:

  1. info nya sangat berguna gan
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. nice info, aku udah pake linux tapi windows juga tetep :)

    ReplyDelete
  3. para hacker juga biasanya menggunakan linux daripada windows

    ReplyDelete
  4. setuju gan, linux memang joss gan
    udah gk gampg kena virus lagi hehehe, thanks infonya gan

    ReplyDelete
  5. Setuju gan saya linux juga, alias android

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.