Mengetahui GPU dan Jenis - jenisnya pada android

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Monday 13 June 2016 | 00:36:00

Hai  bocer, kali ini saya akan membahas sesuatu yang ada pada android. Perkembangan android begitu menakjubkan, sampe - sampe setiap detiknya kebanyakan manusia bermain android. Bahkan ada pula yang tidurnya cuman 1 jam perhari hanya untuk bermain android.

Nah kali ini yang akan kami bahas adalah GPU salah satu alat yang terdapat pada android maupun komputer, tapi kali ini kita akan membahas yang ada pada android.

Apa itu GPU ?


GPU (Graphics Processing unit) atau VPU (Visual processing unit), tapi kebanyakan orang menyebut GPU. Adalah sebuah alat processor khusus untuk bagian grafis 3D dari microprocessor. Alat ini digunakan digunakan di sistem benam, ponsel,komputer, workstation dan game konsole. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih dari fungsi umum CPU yang digunakan untuk berbagai perhitungan algoritma.

Di dalam GPU juga mempunyai memori seperti RAM yng berfungsi sebagai memori selama proses berlangsung. semakin besar RAM di sebuah GPU, maka kinerja menciptakan sebuah tampilan yang dihasilkan tidak akan membebani RAM utama serta processor dalam ponsel itu sendiri. Aplikasi yang sering memanfaatkan GPU ialah aplikasi Game , pengelolah video , edit foto, dan kamera serta perekam video. jadi halus, ketajaman, resolusi dan lancarnya image / video ditampilkan di layar merupakan kinerja dari GPU sebelujm diolah lebih lanjut dari oleh processor.


JENIS - JENIS GPU ?


Di dalam android terdapat berbagai jenis GPU, inilah jenis - jenisnya:

PowerVR



PowerVR salah satu GPU yang sudah lama menghiasi dunia grafis, PowerVR adalah buatan dari video logic. jenis GPU PowerVR tidaklah  di produksi berupa bentuk jadi oleh video logic. melainkan mereka membuat drat arsitekturnya kemudian dijual lisensi tersebut kepada produsen prosessor terkemuka di antaranya NEC, Intel, Freescale serta Texas instruments. powerVR lebih mendalami mobile processor yang sampai sekarang dapat kita lihat dari produk powerVR yang terdapat pada produk Apple seperti Ipod dan Iphone. produk dari PowerVR daapat kita temukan di Iphone 5S yakni PowerVR G6430.



TEGRA




Tegra merupakan salah satu SoC paling terkenal dan tercepat di dunia. tegra pertamakali diperkenalkan pada tahun 2008 untul media player zune HD, karena zune tidak memiliki App store makanya itu tidak terlalu berpengaruh pada tegra. kemudian pada tahun 2010 tegra 2 di umumkan serta cukup banyak pada tablet diantaranta galaxy tab 10.1 serta Acer Tab A200.

Pada tahun 2011 Tegra 3 diumumkan serta menagalami peningkatan tajam. Tingkatan Tegra 4 juga mengalami hal yang sama dengan tegra 3, namun pengguna tegra 4 lebih sedikit di banding tegra 3. terakhir NVIDIA mengumumkan Tegra K1, Tegra K1 merupakan SoC tercepat di dunia.


MALI 




Mali merupakan arsitektur buatan ARM, ARM memang kurang familiar di telinga banyak orang , namun kebanyakan smartphone sekarang menggunakan GPU ini. Seri - seri GPU Mali banyak digunakan mulai dari HDTV, game console (PS3), hingga smartphone. Seri GPU Mali tercepat saat ini ialah MALI T-720.


Exynos



Ini adalah GPU yang di peruntukkan untuk samsung , jadi makanya jangan heran kalo smartphone ini banyak di gandrungi masyarakat. Untuk masalah keunggulan tidak kalah dengang qualcomm karena exynos ini mampu memberikan penglaman hebat bagi penggunanya dan yang paling utama adalah dari segi ketahanan baterai dan pengolahan baterai dan pengolahan grafik yang tinggi.


Qualcomm snapdragon




GPU ini adalah juga paling banyak digunakan oleh smartphone saat ini, mengapa tidak karena GPU ini memnghadirkan teknologi terbaru yang terbukti bertenaga dan mampu bekerja secara baik dan di dukung berbagai keunggulan yang dimilikinya seperti ketahanan terhadap konsumsi daya baterai serta pengolahan grafik yang tinggii dan didukung juga dengan koneksitifitas super cepat. Dan didukung sampai tingkatan pemakaian QUAD HD.


Nova Thor




GPU ini adlah buatan dari Sony Ericsson artikel tentang processor ini masih kurang saya ketahui jadi cukup namanya aja ye yang ane kasih tau ke kalian bocer. hehehehe



VideoCore BroadCom




GPU Videocore broadcom jenis GPU yang memerlukan daya rendah, keluaran dari Broadcom ini sekarang di kembangkan oleh Alphamosaic Ltd. Videocore broadcome menggunakan arsitektur DSP dual dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.



Itulah beberapa jenis GPU yang saya ketahui, jadi bagi penikmat game, biasanya sih semua laki - laki suka game hehhehehe. sebaiknya kenali dulu GPU nya biar makin greget mainnya.

Titip Komentar kalian mau di bully juga gak apa apa kok..



Blog, Updated at: 00:36:00

1 komentar:

  1. makasih atas infonya gan

    http://www.winsucses.tk/

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.