Mengenal Tentang Internet

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Friday 10 June 2016 | 14:27:00


Hai bocer, kita akan membahas tentang dunia maya. Ya siapa lagi kalo bukan Internet, di kehidupan sehari - hari jaman sekarang kita tak bisa lepas dari internet. kita biasanya menggunakan internet ketika kita ingin mencari hal-hal yang baru, game online, social media dan lain lain.



Pengertian internet


Internet adalah jaringan komputer yanng saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba - laba (The web) yang menyelimuti boka dunia dan terdiri dari titik - tiik (node) yang saling berhubungan. Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, sering kali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak.


Sejarah Internet 

Drew heywood (1996) menerangkan sejarah internet bermula pada akhir dekade 60-an saat united states Departmen of defense (DOD),memerlukan standar baru untuk komunikasi internetworking. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontrakror militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan akan kerusakan sehingga mampu beroperasi di dalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Tahun 1969 advanced research project agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan teknologi packetb switching jaringan pertama dibangun menghubungkan 4 tempat yaitu : UCLA, UCSB, Utah dan SRI internasional. Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagao ARPAnet. ARPAnet kemudian menjadi backbone internetworking institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor yang berkaitan dengan jaringn militer (MILnet).

Tahun 1986 ARPAnet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan internet militer. National sciense Foundation (NFS) membiayai pembokaran backbone internet komersial dan dikelola oleh Advace Network Service (ANS).

Andrew S. tanbaum : andil besar dalam perwujudan adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (Jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan Mainframe IBM), EARN (Jaringan akademis eropa dan digunakan di eropa timur) dan ditambah dengan sejumlah link translantik yang beroprasi pada 64Kbps - 2 MBps pada tahun 1988. Khoe yao tung (1997), jaringan pendukung internet diseluruh dunia adalah:


  • Amerika serikat : BARRNet, CICnet, MIDnet, EARNet, NorthWestNet, MYSERNet, SURANet, dan WestNet.
  • Kanada dengan jaringan backbone nasional CA*Net
  • Australian Academic and Research Network (AARNet).
  • The europe backbone (EBONE) dan the european UNIX Network (EUNet) dan RIPE organisai jaringan E-Mail eropa.
  • Jepang memiliki widely integrated distributed environtment (WIDE).

Dan masih banyak lagi.



Protokol Jaringan TCP/IP


Protokol TCP/IP menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer sehingga menjadi standar dan kode berbagai komputer sehingga menjadi standar utama jaringan komputer. TCP / IP berkembang cepat dan kaya fasilitas karena bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan pembaruan baru oleh siapapun dan gratis karena tidak dimiliki oleh siapapun.

Fungsi utama protoko TCP/IP adalah :


  • File transfer protokol (FTP) yaitu fasilitas transfer file antar komputer
  • surat elektronik (E-mail) atau fasitas surat menyurat di komputer, yang terdiri atas simple mail transfer protokol (SMPTP) sebagai dasar Komunikasi E-mail,multi purpose internet Mail extension (MIME)
  • Emulasi terminal jarak jauh (Telnet,remote login) yang memungkinkan suatu komputer (client) untuk masuk dan mengendalikan host yang terletak jauh darinya, misalnya pada network yang lain atau di internet
  • Simple Network Management Protocol (SMNP) yaitu protocol pengendalian peralatan network jarak jauh.

Metode pengalamatan


Dengan konsep daro TCP/IP, setiap komputer atau host yang terhubung di internet mempunyai alamat yang unik, dikenal sebagai IP ADDRESS (Internet Protocol Address)

Alamat sebesar 32-bit, direpresentasikan dalam bentuk desimal di bagi menjadi 4 bagian , dipisahkan dengan titik. contoh :
202.155.193

Domain dan Subdomain 

Satu Ip Address mempunyai satu nama untuk dapat mempermudah identifikasi host. Dalam tata cara penamaan digunakan istilah domain, digunakan untuk posisi hirarki host di jaringan. domain name sistem host.subdomain.domain

Nah segitu dulu yah gan, sebenarnya masih banyak lagi sih.
Berikan saran dan komentar kalian, mau dibully juga gak apa apa kok. 





Blog, Updated at: 14:27:00

3 komentar:

  1. Mksh gan infonya, jd tmbh pengetahuan tentang internet nieh

    ReplyDelete
  2. nice info, nice article, some students need this information for their essays.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.