MENGETAHUI DASAR - DASAR FTP (File Transfer Protocol)

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Wednesday 13 July 2016 | 11:45:00



Alhamdulillah kali ini ane berkesempatan untuk membahas tentang FTP, ane ingin jelasin sedikit tentang dasar dasar FTP pada linux, langsung aja yee;

DASAR DASAR FTP

FTP (File Transfer Protocol) merupakan sebuah aplikasi TCP/IP yang sering digunakan di dalam memindahkan file dari sebuah komputer ke komputer yang lain. Merupakan aplikasi yang dikembangkan dari awalnya internet. Aplikasi ini merupakan aplikasi client/server dimana ada komputer yang bertindak sebagai server dengan menjalankan program FTP server dan adapula client yang mengakses FTP dengan menggunakan aplikasi FTP client (seperti warnetlah punya operator yang berfungsi mengatur server dan kita lah Clientnya). FTP server yang umum digunakan seperti ProFTPD, VSFTD, wu-ftpd, NcFTPD.

FTP beroperasi menggunakan dua channel koneksi dalam melakukan koneksi antara client dan server;

  1.  FTP control channel: Menggunakan TCP port 21. Semua perintah yang dikirim dari FTP client dan respon terhadap perintah dari FTP server menggunakan control channel.  
  2.  FTP data Channel: Menggunakan TCP port 20. Channel ini digunakan untuk melakukan transfer data antara client dan server. Dalam transfer file antara client dan server ini, terdapat beberapa tipefile yaitu;
  •  ASCII
  • File dikirim melalui data channel dengan menggunakan format NVT ASCII
  • EBSDIC
  • Tipe alternatif dalam melakukan transfer file teks
  • BINARY
  • Data dikirim dalam bentuk bit-bit steam. umumnya digunakan dalam transfer file seperti image, binary program, dan archive.
Beberapa type dari FTP adalah;

Active FTP 

Proses dari aktif FTP adalah Client menghubungi FTP server menggunakan FTP control connection pada port 21. Pada suatu client ingin melakukan download file, melihat isi direktori , maka FTP server akan melakukan inisiatif untuk membuat sebuah koneksi baru dengan client menggunakan high port (Port diatas 1024), dimana port tersebut digunakan dalam transfer data.

Passive FTP 

Pada passive mode, client melakukankoneksi dengan server menggunakan port 21. Ketika client ingin melakukan tranfer data, maka client akan melakukan inisiatif untuk membuat koneksi bagi transfer data, dimana source port dari client ini menggunakan high port dan begitu juga dengan destination port server yang dituju digunakan high port.

Regular /Standar FTP

Untuk bisa mengakses FTP server digunakan username dan passworddari reguler user yang ada pada akun dari system.

Anonymous FTP

Pada FTP server ini, hanya memerlukan username anonymous atau FTP dan password berupa alamat email ( meskipun tidak harus alamat email) agar bisa mengakses layanan FTP server.


Nah sampai disini dulu yah pembahasan ane tentang FTP, bila ada kesempatan ane akan posting lagi tentang FTP yang lebih mendalam.
Silahkan berkomentar dengan baik.
Blog, Updated at: 11:45:00

10 komentar:

  1. ohh jadi ftp itu seperti itu yaa, keren deh infonya. bermafaat. :-bd

    ReplyDelete
  2. dulu penrah bikin servet ftp , tpi sukanya bikib sever web hihihi

    ReplyDelete
  3. Kalau di perkuliahan jurusan tentang FTP ini jurusan apa ya gan..?

    ReplyDelete
  4. Thank's gan akhirnya gw jadi inget pas Ane di TKJ dulu

    ReplyDelete
  5. wah mantab gan makasih ya pembelajarannya

    ReplyDelete
  6. Ane sekarang jurusan TKJ gan, kalau masalah FTP nih kurang tau :') makasih gan

    ReplyDelete
  7. oke gan. ane mulai sedikit paham tentang hal ini. makasih share nya

    ReplyDelete
  8. Mantap gan, buat nambah referensi

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.