Mengetahui Dasar - Dasar Javascript

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Tuesday 26 July 2016 | 14:07:00


Hai bocer kali ini kita akan update tentang salah satu script yang sangat terkenal, Bahasa ini sangat banyak digemari oleh programmer, bagaimana tidak tanpa bahasa ini tampilan web/blog kita ini takkan indah seperti ini.

Saat ini saya sebagai penulis akan memberi sedikit pengetahuan yang saya pelajari tentang javascript ini,Langsung saja:

APA ITU JAVASCRIPT? 

Javascript ialah scrip yang biasa berjalan di Browser,orang-orang biasa bilang client side programming. Client disini adalah Browser, seperti internet explorer,firefox,chrome, dan lain-lain.

Javascript dapat dituliskan di berbagai texteditor seperti sublimeText, notepadqq/notepad++, notepad(bawaan windows), Gedit, Geany, Dan lain-lain.

Javascript tidak memerlukan compiler untuk menjalankannya, kita hanya memerlukan browser untuk menjalankannya. Semua browser memiliki engine untuk menginterprentasikan kode javascript yang kita buat.

SINTAKS JAVASCRIPT 

Sintaks javascript mirip dengan Bahasa C ataupun Java. Javascript merupakan Case Sensitive, artinya huruf besar dan huruf kecil berbeda.

 Setiap baris kode javascript dipisahkan dengan baris baru atau bisa juga dengan titik koma (;).

 Komentar di Javascript diawali dengan tanda // atau ditulis diantara /* dan */.

Variabel

 Variabel di javascript ditulis atau diawali dengan huruf ataupun underscore (_) atau tanda kurum ().

Deklarasi Variabel 
  •  Anda bisa mendeklarasi dengan menggunakan var, contoh: var x = 5, ini bersifat lokal dan global (bisa di akses oleh semua fungsi)
  • Atau langsung deklarasikan tanpa menggunakan var, x = 5.
contoh:
   
 

Memulai Javascript

Langsung saja untuk membuat kode javascript, gak usah kelamaan menjelaskan nanti ente ketiduran lagi,Nah saatnya kita memulai membuat kode javascript sederhana. Dimulai Dengan Membuat Peringatan selamat datang di blog, tuliskan kode tersebut, saya menyisipkan kode tersebut diantara tag <head>:


Maka hasilnya sudah tentu akan mengeluarkan peringatan selamat datang, bukan selamat pergi yah hehehehe:





Nah sekarang kita buat kode perintah registrasi sederhana, kodenya lagi-lagi saya gabungkan di HTML di antara tag <head>:



Keluarannya akan seperti ini:


Sebaliknya:



segitu dulu yah, bagaimana udah paham jika ente belum paham silahkan komentar nanti ane jelasin, jika menurut para mastah ada yang salah silahkan berkomentar nanti ane benerin.

Nanti saya akan membahas javascript lebih dalam lagi di lain kesempatan.



Blog, Updated at: 14:07:00

12 komentar:

  1. Pengen bgt ane memperdalam ilmu JS ini, tapi gatau harus kemana, ada saran ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau belajar bareng saya aja mas, tapi saya juga masih belajar sih,, belajarnya via email aja

      Delete
  2. Kayaknya javascript ini ribet ya gan.?

    ReplyDelete
  3. Boleh Ajarin Ane OM , Ane Newbie Yang Ingin Tau Tentang SCript :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe ane juga masih belajar, sama-sama belajar aja ye

      Delete
  4. jangan lupa saling kunjung juga http://gametess.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. asiikk nambah ilmu lagi :D

    Thx Gan , Sering Sering update yaa tentang script

    ReplyDelete
  6. Wah pas banget gan, ane lagi mau mendalami pemprograman javascript .. nice artikel :)

    ReplyDelete
  7. Artikelnya sangat membantu saya mas... :D

    ReplyDelete
  8. otaq ane bebel gan masih blum paham.
    Bagi ilmunya gan.. hhe

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.