4 Aksi Peretasan Besar Para Hacker

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Tuesday 23 August 2016 | 01:25:00

Jaman dimana digital merajalela membuat para peretas menjadi pemimpin di dunia maya, mereka membobol, menghancurkan, dan menyadap sistem jaringan dan lain - lain. Di dunia nyata mereka tersebar di mana - mana dari seluruh penjuru dunia, tak kurang dari mereka membuat kelompok atau bahkan individu.



 Bahkan terjadi cyber war (perang dunia maya) antar suatu peretas negara dan peretas dari negara lain.

Langsung saja ini adalah 4 aksi peretasan besar para hacker:

4. Peretasan Estonia  

 Peretasan besar besaran terjadi di Estonia pada april 2007 silam. Peretasan yang terjadi di berbagai website pemerintahan estonia ini membuat beberapa website mati total. Bahkan, para hacker menghapus website dari sang presiden, para menteri, dan para anggota parlemen. Peretasan ini juga terjadi di sektor finansial dan juga situs - situs media yang ada di estonia. Kejadian ini terjadi selama 21 hari, dimana estonia harus menjalani hidup tanpa internet dalam waktu itu.

 Hal ini terjadi karena pemerintah estonia memutuskan untuk menurunkan sebuah patung dari era soviet dari ibukota negara di eropa utara tersebut,Tallin.

Estonia menuduh Rusia sebagai otak kacanggihan teknlogi ini. Meski ternyata diketahui bahwa orang rusialah yang memotong koneksi estonia ke dunia luar dengan memutus internetnya, Ternyata sang hacker tidak disponsori dari pemerintah Rusia.

 Pemerintah estonia yang sejak awal membuat perlawanan untuk hal ini, akhirnya mengalokasikan uang negara secara besar besaran untuk keamanan cycber di Estonia.

3. Penyerangan situs nuklir iran oleh amerika serikat  

 Pada tahun 2006 silam, pada saat itu George W. Bush, sedang geram terhadap upaya iran dalam memperkaya diri terhadap uranium. Iran bahkan berencana untuk membuat roket nuklir sendiri. Akhirnya amerika memberi peringatan terhadap Iran dengan senjata yang tentu lebih canggih dari nuklir, yakni Cyber.

 Sebuah Senjata Cyber yang mempunyai kode "olympic games" lalu di ganti menjadi "stuxnet" dirancang oleh para peneliti kemanan komputer untuk membobol pertahana nuklir iran.

 Kode tersebut akhirnya bisa masuk ke fasilitas nuklir iran, bahkan bisa merusak kontrol nuklirnya secara spesifik. Caranya adalah dengan mengatur kecepatan sentrifugal yang menjadi kunci dari perkembangan nuklir tersebut, ketika kecepatannya dipercepat dan diperlambat, lama-kelamaan sistem akan tak terkontrol dan rusak dengan sendirinya. Hal ini terjadi dalam 13 hari setelah peretasan.

2. Bangkitnya Hacker Dari Iran

 Tak lama sistem nuklir iran dirusak, iran membangun sebuah pasukan cyber, yang di danai pemrintahan iran secara gila - gilaan hingga mencapai angka 20 juta Dollar.
Beberapa sektor yang dikontrol cyber di amerika seperti sektor finansial dan sistem kontrol bendungan,telah diserang oleh kelompk ini puncaknya adalah ditahun 2012 silam.

 Dibulan agustus 2012, hacker iran berhasil membobol perusahaan minyak arab saudi milik pemerintah Amerika serikat, Saudi Aramco. total 35.000 komputer mati total dalam peristiwa peretasan ini. penyebabnya sederhan, sebuah email berisi phising diklik oleh salah satu staf IT dari saudi Aramco. Hal ini menyebabkan semua kontrak dari salah satu perusahaan minyak terbesar ini tidak berlaku.


1. Peretasan SONY Entertainment Yang Diduga Dilakukan Korea Utara

  
 2014 Sony Pictures mengalami peretasan besar-besaran yang salah satu buntutnya ialah tak jadi tayangnya film kontroversial tentang percobaan pembunuhan Presiden Korea Utara Kim Jong-Un, "The Interview".

Dampak sebenarnya bukanlah karena gagalnya pemutaran film tersebut, namun beberapa hal seperti bocornya email privat, bocornya angka keamanan sosial, bocornya film sony yang belum dirilis, dan terhapus secara permanen lebih dari separuh data perushaan tersebut. Bahkan, sang pemimpin dari perusahaan tersebut terpaksa turun dari jabatannya setelah sebuah email kontroversial berisi umpatan rasis terhadap Presiden Obama dan Komentar buruk tentang Angelina jolie terkuak ke publik. Uniknya pihak amerika serikat langsung menuduh Korea Utara sebagai otak dari penyerangan tersebut.


 
 Nah itulah aksi peretasan besar yang dilakukan para hacker.
Segitu dulu yah gan.
GooDLucK!  
Blog, Updated at: 01:25:00

1 komentar:

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.