5 Bahasa Pemprograman yang baru, bisa kalian coba

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Tuesday 2 August 2016 | 15:44:00



Pada awal kemunculan bahasa pemprograman, sangat sedikit yang meminatinya dan menikmatinya. Para programmer dulu sangatlah dicari - cari untuk keperluan tertentu, gajinya pun tak main main.

Setelah mengalami beberapa perkembangan dan beberapa bahasa baru, disitulah banyak orang yang ingin menjadi programmer, walau sekarang kita dibekali oleh banyak sumber untuk mempelajarinya namun masih saja susah di benak kita. 

Nah beberapa bahasa pemprogaman yang tergolong baru ini mungkin layak untuk kalian coba, sebagai batu loncatan ke bahasa lainnya. langsung saja di baca:

 

Swift 

 Bahasa pemprograman yang satu ini adalah bahasa pemprograman objek fungsional yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada IOS dan OSX yang dibuat oleh Apple. Bahasa pemprograman juga di desain untuk berdampingan dengan objecktive-C.

Perkembangan bahasa pemprograman Swift ini terbilang cukup cepat, salah satunya dengan diluncurkannya swift versi terbaru untuk meningkatkan kemampuannya. Selain itu tren bahasa swift ini dilihat oleh beberapa perusahaan besar seperti Google,Facebook, serta uber yang akan menggunakan swift pada proyek-proyeknya.

  Selain itu apple merilis swift playground yang bertujuan agar orang dapat belajar pemprograman, mulai dari anak-anak dan siapa aja yang ingin mempelajarinya. Selain itu bahasa pemrogaman swift bersifat open source.

Jika kalian tertarik pelajari saja sendiri,hehehehe.



Dart

 Google mengembangkan behasa pemrograman baru di antara lainnya adalah Dart. Bahasa ini digunakan untuk membuat aplikasi modern dan kinerja yang tinggi. Google memperkanalkan bahasa dart sebagai pengganti Javascript untuk aplikasi yang berjalan pada browser. Selain itu, bahasa dart diharapkan juga dapat menjadi bahasa yang terstruktur namun fleksibel untuk pemprograman web.


Rust

 Rust dirilis oleh mozilla pada tahun 2014 lalu. Bahasa pemprograman rust ini berfokus untuk membantu menangani arsitektur multicore secara aman dan efisien. Bahasa pemprograman rust ini termasuk bahasa sebagai bahasa dicintai oleh programmer, hal ini berdasarkan survei developer yang dilakukan oleh stackOverflow di tahun 2016.
Rust dikembangkan sebagai alternatif bahasa  C++ yang mempunyai isu terhadap keamanan. Terkait isu tersebut, Mozilla membentuk tim untuk mengerjakan bahasa rust. Bahasa Rust ini terfokus pada Performance,parallelisation,and memory safety.

Go 

 Bahasa pemprograman Go atau yang lebih dikenal sebagai Golang dibuat oleh tiga karyawan Google di tahun 2009. Bahasa pemprograman Go ini sudah digunakan oleh BBC,Soundcloud,facebook dan situs resmi pemerintahan inggris.

 Go adalah bahasa pemprograman yang tergolong mudah,sederhana,efisien dan open source. Selain itu,Go memiliki level yang sama untuk Java. Jika kalian pintar menggunakan java maka anda tidak akan sulit untuk mempelajari Go.

Google mengembangkan bahasa pemprograman Go untuk pengembangan aplikasi web. Bahasa pemprograman Go juga akan ada di browser chrome, dimana Go akan bekerja dengan native client, sebuah teknologi open source untuk menjalankan kode bahasa lain di aplikasi web.

Hack  

 Sama seperti swift,Hack adalah bahasa pemrpograman yang baru-baru ini diluncurkan dan merupakan produk dari perusahaan teknologi yang besar, Facebook. Facebook sudah hampir mengubah kode PHP mereka dengan bahasa pemrograman Hack.

Hal ini cukup menarik, karena situs dengan jutaan pengguna serta lalu lintas yang sangat padat menggunakan bahasa Hack. Jadi, bahasa hack jadi pilihan kalian untuk patut dipelajari.


Itulah ke 5 Bahasa pemprograman yang baru dan patut dipelajari. Sekian dari saya salam blobocer.

Nb: Sumber dari teknojurnal.com  
Blog, Updated at: 15:44:00

9 komentar:

  1. Keren bos, tapi susah pasti ya ?

    ReplyDelete
  2. yang lama aja belum keluar dah ada yg baru lagi..

    ReplyDelete
  3. tambah banyak aja nih bahasa programmer

    ReplyDelete
  4. Yang biasa saja belum bisa. Keluar baru lagi -_-

    ReplyDelete
  5. setiap hari pasti aja ada yang baru -_- belum sampe kelar ada yang baru hmmm

    ReplyDelete
  6. Siplah mantep nih jadi banyak ilmu :D

    ReplyDelete
  7. ane belom ngerti soal kyak gini pasti susah tuh

    ReplyDelete

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.