Awal Terciptanya Superkomputer, Hingga Superkomputer Tercepat Di dunia

Posted By ~Tekno ./Daeng_ on Sunday 11 September 2016 | 00:29:00







Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama pada kecepatan perhitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh seymour cray di Control data corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai cray berhenti untuk membentuk perusahaannya sendiri, Cray Research.

 Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya.

 Dalam penggunaan Superkomputer digunakan untuk tugas perhitungan-intensif seperti perkiraan cuaca, riset iklim (termasuk pemanasan global,pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain - lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

 Superkomputer lebih unggul dalam kecepatan daripada komputer rumah-rumah biasa dengan menggunakan desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya di khususkan untuk perhitungan tertentu, biasanya perhitungan angka, dan tidak bagus hasilnya dalam tugas umum. Hirarki memorinya di desain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan intruksi setiap saat dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya (input, output) juga di desain supaya bisa mendukung bandwith yang lebar.

 Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan kelemahan susunan seri, dan menggunakan hardware sistem paralel untuk mempercepat dari kelemahan sempitnya bandwith.

 Dalam sejarah penciptaan superkomputer sudah ada 500 unit superkomputer yang sudah tercipta di dunia, dengan kecepatan yang berbeda-beda, Berikut beberapa superkomputer tercepat di dunia:



Tianhe-2 (Natioanal University of Defense Technology, China)

  Tianhe-2 adalah superkomputer tercepat didunia untuk saat ini. Perangkat yang merupakan seri penerus Tianhe-1A ini mencatatkan rekor tercepat di dunia, dengan performa 33,86 petaflop. Tianhe-2 menggunakan prosessor intel Xeon arsitektur Ivy Bridge dan intel Xeon Phi dengan total 3,12 juta inti (core). Komputer ini menghabiskan 17,808 Kilowatts dan secara teori mampu menyentuh kecepatan 54,9 petaflop.


Titan (Oak Ridge National Laboratory, AS) 

 Titan memiliki kecepatan proses 17,6 petaflop. sistem ini menggunakan. Sistem ini menggunakan CPU berbasis AMD Cray dan GPU Nvidia dengan total 560.640 inti (core). Perangkat ini menggunakan daya sebesar 8.209 kilowatts, termasuk hemat bkan.

Sequoia (Lawrence Livermore National Laboratory, AS)

Sequoia digunakan oleh perusahaan nuklir negara AS untuk menyimulasikan umur dari senjata nuklir. Berbasiskan Blue Gene/Q buatan IBM, perangkat ini memiliki nyaris 1,6 juta inti prosesor dan mempunyai kecepatan 17,2 petaflop.


K Computer (RIKEN Advanced institute for Computational Science, Jepang)

 Pernah menjadi yang tercepat di 2011. K computer dibuat dan dikembangkan oleh fujitsu. Menghadirkan kecepatan sebesar 10,5 petaflop dengan 705.024 Inti Sparc.

Mira (Depatment Of Energy, Argonne National Laboratory, AS)

 Menggunakan Sistem Blue Gene/G milik IBM dengan 786,432 inti untuk mencapai kecepatan 8,6 petaflop, saat beroperasi penuh di tahun 2014, ia  menawarkan 5 milliar jam komputasi pertahun untuk para ilmuwan, pehitungan waktunya untuk tiap inti.



Beberapa Superkomputer diatas menggunakan sistem operasi Linux.

Itulah informasi tentang artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

GooDLucK
Blog, Updated at: 00:29:00

6 komentar:

About Me

My photo
Di blog ini banyak memberikan artikel tentang pemprograman, teknologi elektronika, teknologi komputer, serta informasi game, informasi software dan info - info unik lainnya. mempunyai misi untuk mencerdaskan para pembaca, sesuai namanya BLOBOCER (BLOG BOCAH CERDAS).
Powered by Blogger.